Bakmi Jowo DU 67

Bakmi Jowo DU

Bakmi Goreng Jowo dan Krengsengan Brutu

Pasti kamu-kamu semua pernah merasakan kebingungan seperti yang gua rasakan sekarang, yaitu bingung mau makan apa, hehehehe…. Masalah standar yah, perut lapar tapi bingung mau makan apa. Untung teman gua punya ide brilian, yaitu nyicipin bakmi godog ala Jawa…..wah bener juga.

Setelah browsing-browsing sedikit dan bertanya-tanya, akhirnya ada satu tempat bakmi Jawa yang banyak direkomendasikan. Yaitu Bakmi Jowo DU di jl Dipatiukur 67, Bandung.
Hmmm bole juga nih, ga jauh tempatnya. Syippp berangkat dah kita ke sana. Selama perjalanan gua masih berpikir-pikir, sebenernya bakmi Jawa itu kayak apaan yahhh? Hehehehe lupaaa abis udah lama banget ga makan. Perkenalan gua pertama kali dengan masakan ini terjadi dahulu kala, dulu di deket Gasibu Bandung ada warung bakmi Jawa. Saat itu gua sama sekali belum tau tentang makanan ini, jadi penasaran juga ama tulisan di spanduknya. Bakmi Jawa yang dimasak dengan arang, di otak gua saat itu berpikir emang bakalan beda gitu yah dimasak ama arang sama dimasak biasa? Dan saat itu gua belum berprofesi sebagai tukang masak jadi emang ga tau juga hehehehe. Sampai suatu saat akhirnya gua sempet mampir, ternyata lumayan enak dan gua suka. Sayang ga berapa lama warung bakmi ini menghilang entah kemana.

Nah akhirnya sampai jugalah kita ke Bakmi Jowo DU, wah tampak lumayan penuh nih parkirannya. Tapi tiba-tiba gua tersentak dengan pemandangan di depan restorannya. Resto ini memejeng 4 tukang masak yang semua berbaju batik dan peralatan masaknya di depan restonya. Mereka sedang memasak berjejer ke samping, dengan gerakan tangan yang tampak seragam yaitu mengaduk mie. Hahahaha baguss sekali nihhh…… Ini jadi tontonan yang menarik dan membuat orang yang lewat jalan itu atau yang mau masuk menolehkan kepala dulu untuk melihat aksi para tukang masak ini. Eye catching banged… Tongtonan gratis sebelum menyantap makanan.

Atraksi koki Bakmi Jowo DU

Para jagoan masak Bakmi Jowo dengan seragam batiknya di depan resto

Setelah puas nonton para tukang masak beraksi, masuklah gua ke dalam. Waduh serasa di Jawa gini hehehehe…. Lagunya lagu gendingan Jawa gitu hihihihi…. Dinding ruangannya dari bilik, lampu warna kuning, terus waiternya pake baju batik semua.

Setelah dapet tempat duduk gua langsung dahh pesen makanan. Lapaaar…. Gua pesen bakmi godog, temen gua pesen bakmi goreng, plus minumnya teh poci pake gula batu. Syippp kayaknya nih. Sambil nunggu makanan gua ngeganyem krupuk apa yah namanya ini…. ehmmm… aduh lupa.

Mi Godog

Ini bakmi godog alias mi rebus ala Jowo

Ga berapa lama dateng dah pesanan2 kita… Hmmm setelah sekian lama ga makan bakmi godog akhirnya makan lagi nih. Langsung gasss… Hmm enak… Lalu tadi gua pesen juga krengseng brutu. Abis temen gau kacaw banged, masa katanya belum pernah makan brutu. Oya bagi yang ga tau, brutu itu ekor ayam. Kalo istilah sopannya pantat ayam kali ye… Yah pokoknya itulah. Kata temen gua ini, kalo di rumahnya bagian brutu itu hanya bole dimakan oleh orang tua. Hahaha aneh juga…. dan ga jelas alesannya. Dan sekarang mumpung ga ada siapa-siapa makanya gua suruh nyobain tuh lezatnya brutu… Hehehee… Brutunya dimasak kecap gitu lah, enak juga dimakan bareng mie godog.

Teh Poci

Ini teh Poci yang 'nasgitel'

Setelah bakmi ludes, berikutnya teh poci. Mantapsss… Nasgitel kata temen gua. Ga jelas juga artinya apaan, ternyata itu singkatan dari panas, legi (artinya ‘manis’ dalam bahasa Jawa) dan ‘tel’nya pasti kentelll… Hehehehe ga penting juga dah yang penting gua suka.

Masih pengen nangkring-nangkring tapi berhubung masih banyak tamu yang menanti untuk makan makanya seberes makan kita langsung cabut. Salut buat ide-ide menarik dari yang punya Bakmi Jowo ini: dapur sebagai etalase, atmosfir yang ‘Jawa’ banged…. Membuat makan malam ini tambah lezat dan menarik. Kapan-kapan kalo gua kangen suasana Jawa dan bakmi pasti gua balik sini lagiii.

Ditulis pada:October 12, 2011

Komentar: 7 Komentar

7 Comments add one

  1. Dwiputranto says:

    coba juga bakmi jogja kaa.. taman pramuka 🙂

  2. Em_bassy22 says:

    Adakah Yang Bisa Masak Bakmi JAwa . . ???, Kalau Ada Saya Membutuhkan Tukang Masak Bakmi . . .!!!,?
    Yang Dari Luar Kota Disediakan Tempat Tinggal.

    Lokasi Di YOGYAKARTA

    Hub: Anjar 085728780099

  3. Aisha Sevina says:

    enakan bakmi jawa yang di taman pramuka. suasananya juga lebih enak dan kental adat jawa

  4. pipit says:

    wiiiiih enak nih
    jangan lupa ya coba mie naripan

  5. Salah satu khasnya lagi adalah bakmi yang dimasak di sini dimasak menggunakan arang, yang tentunya hasilnya akan lebih nikmat dibandingkan dengan bakmi yang dimasak dengan kompor.

  6. arya says:

    cobain juga bakmi Sekaralas, jl. Sejahtera
    https://sekaralasblog.wordpress.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post:

Next post: