Soto Kudus Kliwon

soto kudus kliwon

Berbahagialah kita yang tinggal di Indonesia, karena kita punya beragam jenis soto. Mulai dari Soto Betawi, Soto Madura, Soto Padang, dan maaasih banyak soto-soto lainnya. Di Pulau jawa sendiri aja ada macem-macem sotonya. Salah satu yang gue suka banget, adalah soto Kudus. Namanya juga soto Kudus, aslinya soto ini dari daerah Jawa Tengah yaitu kota Kudus tentunya. Bedanya soto Kudus ini dengan soto-soto lainnya di Jawa? Hmmmm kalo soto Kudus itu kuahnya lebh bening, biasanya nasinya langsung dicampur di dalam mangkoknya.

Wah, Tintin dan Captain Haddock pun pernah makan di Soto Kudus Kliwon! Hehehe

Wah, Tintin dan Captain Haddock pun pernah makan di Soto Kudus Kliwon! Hehehe

Nah kebetulan di bandung ada satu rumah makan yang spesialis soto Kudus nih. Namanya Soto Kudus Kliwon. Pas datang ke rumah makan yang terletak di Jalan Gandapura ini, waahh suasananya nyaman banget, dalam rumah kuno yang terawat rapi dan bersih. Iya sih, kata pegawainya, dulu Soto Kudus Kliwon ini namanya Rumah Makan Kudus, asli sejak tahun 1973. Waw! Gue bahkan belum lahir! Hehehe. Suasana dalam rumah makan ini seperti rumah makan standar di jawa gitu deh hehehe. Di dindingnya ada beberapa lukisan, salah satunya dipajang gambar cover komik Tintin yang sedang makan di Soto Kudus Kliwon! Hihihihi keren yah.

Di atas setiap meja terdapat sepiring gorengan dan sate-satean seperti perkedel, tempe goreng, sate usus, sate telor puyuh. Inilah side-dish yang wajib ada untuk menemani soto kudus. Selain itu juga ada bungkusan kerupuk, emping dan rempeyek yang siap dipilih dan disantap.

sotokuduskliwon1

Bener kan, ketika pesanan gue datang, soto Kudusnya disajikan dalam mangkok agak kecil dan nasinya langsung dicampurkan ke dalam soto. Hmmm, wanginya menggoda banget! Sementara temen gue memesan Nasi Goreng Babat. Kayanya kalo di Jawa Tengah, nasi goreng babat itu menu yang paling sering dipesan deh. Sementara di Jawa Barat – Bandung terutama, gue susah banget nemuin menu ini, hehehe.

Rumah makan Soto Kudus Kliwon ini lumayan mengobati kekangenan gue terhadap makanan Jawa Tengah, hehehe. Nggak cuma sotonya, tapi juga nasi goreng babatnya, sate ususnya, keramahan pelayanannya, dan suasana dalam rumah makan yang serasa di rumah Eyang sendiri. Monggo lho kalo ada yang mau nyicipin soto ala Jowo di tanah Sunda 🙂

Info resto:


Soto Kudus Kliwon (d/h RM Kudus)
Alamat:
Jl. Gandapura No. 48 Bandung
Ruko Istana pasteur Regency CRA 12 Bandung
Jl. Raya Cibogo No. 114 Bogor

Telepon:
(022) 7201044 / 76831973
(0251) 8253093

Kisaran harga: Rp 4000 – Rp 20,000

Ditulis pada:November 27, 2012

Komentar: Belum ada Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post:

Next post: