Jajan Es Durian di Gubug Es Merak

Apa yang bikin seger di siang hari bolong? Es campur! Es buah! Es durian! Hmmm…. Ngebayanginnya aja udah ngiler ya, hehehehe.

Tampak depan Gubug Es Merak. Ada gerobak jajanan lain di kanan kirinya.

Tampak depan Gubug Es Merak. Ada gerobak jajanan lain di kanan kirinya.

Ada yang istimewa nih pas saya nyampe di kota Pekalongan. Tante saya langsung mengajak saya ke sebuah warung kecil di Jalan Merak. Namanya Gubug Es Merak. Kenapa dinamai gubug, mungkin karena memang tempatnya hanya berupa sebuah warung. Kecil sih warungnya, tapi ruaammeee banget! Walaupun hanya ada empat atau lima bangku kayu panjang di tiga meja di dalam warung itu, para pengunjung rela mengantri. Kalo yang saya lihat sih kayanya ada dua warung yang dijadikan satu, menjadi Gubug Es Merak ini.

Ini yang namanya Mie Usek. Rasanya bikin ketagihan!

Ini yang namanya Mie Usek. Rasanya bikin ketagihan!

Para pegawai warung es ini dengan cekatan menanyakan apa pesanan kami dan langsung meraciknya. Hmmm, lumayan banyak pilihan di warung es ini. Mulai dari hanya es sirup,es kopyor, es campur dan es duren, atau es campur duren, atau es alpukat, atau variasi es alpukat campur duren, atau campur kelapa muda. Ah pokoknya banyak lah, hehehe jadi pusing. Tentu doong saya langsung pesen es campur duren.

Di sebelah warung es ini juga ada penjual mie usek. Pernah denger mie usek, nggak? Ini adalah jajanan khas Pekalongan. Makanan ini berupa kerupuk kuning yang diremukkan dan bakwan goreng (atau disebut juga bala-bala di Jawa Barat) lalu disiram bumbu kacang. Wiiihh ternyata enak banget! Sambil nunggu es campur durennya disajikan, saya ngemil mie usek ini sampe nambah, hehehehe.

Es Durian Campur.

Es Durian Campur.

Pas es campur durennya datang, waahh seger banget! Durennya nggak pelit, dan es campurnya pake kelapa muda yang empuk. Tapi saya lupa minta kalo es nya sedikit aja, soalnya lumayan banyak es batunya nih hehehe.

Nggak heran banyak yang suka nongkrong dan makan es campur di sini. Selain harganya murah, es nya segar dan enak, dan juga ada tukang jajanan lain di sekitar warung seperti mie usek dan siomay. Tante saya juga memesan beberapa bungkus es campur untuk dibawa pulang.

Lain kali kalo ke Pekalongan lagi, saya pasti bakal rajin ke sini deh. Jajan terus! Hehehehe.

Info warung:
Gubug “Es Merak”
Alamat: Jl. Merak no.12 A, Pekalongan
Telepon: (0285) 421231
Kisaran harga: Rp 3000 – Rp 18,000

Ditulis pada:August 12, 2013

Komentar: Belum ada Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *