Nasi Liwet Pak Asep Stroberi Garut

asep-stroberi-4

Hiii….. Beberapa hari lalu gua ada acara keluarga di daerah Cipanas, Garut. Tapi berhubung masih ada beberapa pekerjaan yang belum beres, akhirnya gua nyusul dateng ke sananya. Gua pergi ke sana sendirian bawa mobil. Nah perjalanan ke Garut kali ini lumayan macet nih… Tapi ngga parah sih, cuma padet aja.

Selama perjalanan ke Garut, gua banyak melewati tempat makan. Belum kepikir untuk makan sih, tapi kayaknya ntar pas pulang mampir makan jadi sambil cari cari tempat yang asik. Hmmmm sambil nyopir pelan-pelan… Gua ngelewatin sebuah tempat yang ada stroberinya gede, dan kliatan ada balong (kolam) di dalemnya. Hehehe lucu juga nih tempatnya. Tampak lebih mirip tempat wisata dibanding restoran.
Tapi ini belum saatnya untuk berenti makan dan gua ngelanjutin perjalanan menuju Cipanas.

Nah pas pulangnya, gua udah bareng istri ama anak gua nih…. Dan pada laper jadi pengen cari makan. Hehehe jadi kepikiran ama si resto yang ada stroberi gede tadi. Maka langsunglah kita menuju ke sana. Pas udah sampe baru tau dah ternyata nama tempatnya itu Nasi Liwet Pak Asep Stroberi. Pantesan aja ada buah stroberi segede gajah. Nama tempatnya aja udah berbau stroberi.

Restoran ini terbagi jadi 2 dan dipisahkan jalan raya. Gua pertama masuk di sebelah kiri…hmm restonya berupa saung-saung dan ada balong di tengah-tengahnya… Tapi tampaknya lebih menarik yang di seberangnya nih, yang pertama gua liat. Jadi nyeberanglah kita…. Nah ternyata di bagian atas ini adalah toko souvenir, dan restorannya ada di bagian bawah. Karena perut udah keroncongan makan langsunglah kita ke restorannya. Wah rame banget nih… Berharap bisa dapet saung, tapi ga dapet ey… Padahal lucu tuh saungnya di pinggir-pinggir kolam yang gede, dan ada perahu yang bisa dipake… Hehehe lucu nihhh. Yah sudah akhirnya kita pilih tempat di bangunan utama restoran.

Gurame Goreng

Gurame Bakar

Maka dimulailah rituil pesan memesan makanan….karena judul restorannya aja udah nasi liwet, maka udah pasti menu jagoannya ini nii dan wajib dipesan. Maka dipesanlah nasi liwet ikan gurame goreng untuk ukuran 4 orang… Lohh kan cuma bertiga… Hehehe lapar woiii.

Selain itu gua pesen juga cah kangkung, perkedel jagung, sayur asem. Secara di rumah makan Sunda mah harus makan sayur asem yah hehehe. Terus ayam bakar, ikan asin jambal, dan so pasti sambel dadak …. Muantap.

IMG-20140104-WA0003

Sambil nunggu pesanan, gua jalan-jalan keliling area restoran. Hmmm… ga salah penilaian gua tadi. Tempat ini lebih mirip tempat wisata hehehe. Ada kuda, ada kolam gede, ada perahu, ada flying fox… Sungguh menarik… Pantesan aja yah tempat ini rame apalagi pas liburan gini. Yang disayangkan adalah pas lagi puter-puter, eh turun hujan…. Akhirnya merapatlah lagi ke meja.

Untung ga berapa lama munculah satu persatu pesanannya hehehehe… Markit makann!
Seperti ritual sebelum makan, foto-foto dulu ah buat keperluan tulisan ini… Tapi agak-agak ga konsen liat makanan nih, jadi maaap sajalah kalo fotonya seadanya hehehehe.

Aneka gorengan dan sambal

Aneka gorengan dan sambal

Setahu gua nasi liwet itu ada 2 macem, nasi liwet nya orang Solo, dan nasi liwetnya orang Sunda. Nasi liwet ini berbeda resepnya yah, nasi liwet Solo lebih banyak lauk pauknya dan dimasak dengan santan, sedangkan nasi liwet Sunda itu biasanya dimasak ga pake santan hanya rempah rempah dan lauknya minimalis, biasanya sih hanya dengan ikan asin atau teri sambel dan lalapan. Dan nasi liwet ini dimasak dengan panci khusus, dan semua dimasak bareng-bareng di panci itu.
Maka dimulailah makan siang nan mantap ini… Enak nih nasi liwetnya. Nah kalo di sini nasi liwetnya dimasak bareng-bareng ama ikan teri dan rempah-rempah. Sebagai pelengkapnya, ada tahu dan tempe mendoan, ikan asin peda. Dan yang pasti Ikan Gurame Goreng….. Muantaaapp….

Dan yang paling penting itu, Sambel!!! Menu utama resoran Sunda itu adalah sambel….. hehehehe…. Makanan lain boleh biasa biasa aja, tapi sambel harus mantap. Nah resto ini punya sambel yang enak 🙂

Oya ada satu hal yang lucu nihhh… Dari awal makan sampai beres bayar gua sebenernya gua merasa ada satu hal yg kurang… Tapi apa gitu yahhh….. Hmmm blengsekk… Paling ga enak kalo kayak gini…. Hehehehe dan sesampainya di tempat parkir gua baru sadar. Mau tau ga apaaa? Gua lupa memesan sesuatu yang berbau stroberi. Padahal pasti ada sesuatu yang spesial, makanya namanya juga Nasi Liwet Pak Asep Stroberi hehehehe…. Maaaap Pak Asep, kapan-kapan gua pasti berkunjung kembali dan nyicip menu stroberinya 🙂

Yah begitulah pengalaman nyicip gua ke salah satu kuliner Garut. Tengkiuu sudah menyimak.

Ditulis pada:January 15, 2014

Komentar: Belum ada Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *