Belalang Goreng, Berani Coba?

Sebagai orang Asia, kita pasti sering denger adanya menu-menu yang bisa dibilang aneh atau nggak lazim dikonsumsi oleh orang-orang di daerah lain. Apalagi di Indonesia. Apa aja kayanya bisa dimakan. Nggak cuma makanan sehari-hari, tetapi juga cemilan-cemilan yang macem-macem.

Salah satu cemilan yang gue baru tau nih, ternyata di Gunung Kidul, daerah Yogyakarta sana ada cemilan yang ngetop banget, yaitu belalang goreng. Iya, belalang. Iya, serangga itu yang suka banyak di kebon. Hihihihi. Pasti nggak nyangka kan, kalo belalang ternyata juga bisa dijadiin cemilan. Tadinya gue pikir, cemilan serangga gitu cuma ada di Thailand doang. Ternyata di Yogyakarta juga ada!

Ini penampakan sebungkus Walang Goreng

Ini penampakan sebungkus Walang Goreng

Nah, karena penasaran, gue akhirnya pesen satu pak belalang goreng dari website belalanggoreng.com. Nama resminya sih cemilan ini adalah Walang Goreng “Gareng”. Walang itu artinya belalang dalam bahasa Jawa. Ada beberapa rasa belalang goreng ini, tapi yang paling laris katanya yang rasa gurih (original) dan belalang goreng bacem. Hmmm, gue pesen yang original dulu deh.

Deg-degan juga sih pas akhirnya paket belalang goreng gue sampe dan gue mulai mencicipi. Hihihi. rasanya sih ternyata enak juga, krenyes-krenyes dan gurih. Kaya keripik pada umumnya deh. Tapi ya karena bentuknya masih berupa belalang, jadi agak geli juga ya pas makan hahahaha.

Kalau sudah digoreng, tetep aja keliatan kaya belalang sih hehehehe.

Kalau sudah digoreng, tetep aja keliatan kaya belalang sih hehehehe.

Tapi temen gue si om kokidrummer Leon sih cuek-cuek aja tuh pas makan. Anaknya, Wailan, malah doyan bener. Yah emang selera tiap orang kan beda-beda. Gue juga sebenernya suka-suka aja sih, cuma masih agak geli kalo liat belalang yang gede, jadi gue ngambil yang kecil-kecil aja hihihihi. Tapi kamu musti cobain sih, minimal biar nggak penasaran. Konon katanya belalang goreng ini banyak protein dan vitaminnya lho. malah di beberapa tempat dianggap sebagai makanan kesehatan. Hmmm, yah bener atau nggak nya, terbukti kan belalang goreng ini banyak yang suka dan dikonsumsi oleh orang-orang juga.

Oiya, tapi ada satu peringatan nih. Kalau kamu punya alergi terhadar makanan tertentu, terutama seafood, sebaiknya jaga-jaga kalo makan belalang goreng ya. Soalnya kandungan pemicu alergi dalam belalang goreng ni jauh lebih tinggi dari makanan lainnya. Jadi kalo kamu orangnya suka alergian, mendingan ga usah makan deh, hehehe. Risikonya nanti abis makan kamu bisa kena reaksi alergi seperi gatel-gatel atau bahkan muntah-muntah. Jadi cek dulu kesehatanmu ya, sebelum mencicipi makanan yang ekstrim atau nggak biasa tersedia di pasaran.

Kalau kamu penasaran pengen nyicipin belalang goreng Gunung Kidul ini, nggak susah kok. Cukup tinggal memesan dari website belalanggoreng.com atau lewat SMS dan pin BB yang tersedia, nanti pesenan kamu bakal langsung dikirim lewat jasa paket ke kota kamu. Nggak usah susah-susah ke Yogyakarta sih, hehehe. Tapi kalau kamu pas lagi jalan-jalan ke daerah Gunung Kidul sana, boleh lho beli belalang goreng buat cemilan di jalan atau oleh-oleh.
Berani nyicip?

Info makanan:
Keripik Belalang – Walang Goreng “Gareng”
http://belalanggoreng.com/
Twitter: @infobelalang
sms : 0857 257 60170 / 0815 672 4228
whatsapp : 0857 257 60170 / 0815 672 4228
BBM : 741E25C0 / 7E8495FE
Kisaran harga: Rp 35,000

Ditulis pada:May 28, 2014

Komentar: 5 Komentar

5 Comments add one

  1. F234KY says:

    Pengen nyoba… Terakhir jajan yg aneh2 pas dibawain tripang, warnanya item, pas makan keinget lintah gede2, wkkk

  2. Khafid Abdillah says:

    makanana belalang goreng ini, kalo di tempat kelahiranku sangat populer. saya mengenalnya sejak kecil, tahun 80 an. Sayangnya tak satu pun wartawan yang mengendus. Salut untuk orangorang Gunung Kidul. Kemaren istriku cerita baru beli walang kayu, begitu istilahnya di tegal- 100 ekor Rp 30ribu….:D

  3. andik dp says:

    Dibanding konsumsi belalangnya, hal yang lebih seru yaitu hunting belalangnya ketika pasca panen padi (di daerah saya). Berburu belalang lebih seru dibanding makannya, karena kalau makan belalang gatal seperti halnya konsumsi udang. hehe

  4. andik dp says:

    Dibanding konsumsi belalangnya, hal yang lebih seru yaitu hunting belalangnya ketika pasca panen padi (di daerah saya). Berburu belalang lebih seru dibanding makannya, karena kalau makan belalang gatal seperti halnya konsumsi udang. hehehe

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *