Kenken Bigul, Babi Guling di Bandung

Tampak depan resto Kenken Bigul

Tampak depan resto Kenken Bigul

Info resto:
Kenken Bigul
Jam buka: 09.00 – 22.00
Alamat: Jalan Pasirkaliki No. 16, Kompleks Ruko Grand Eastern, Bandung
Telepon: +62 22 – 86868614
Instagram: @kenkenbigulkitchen

Kisaran harga: Rp 5,000 – 95,000 (makanan)


Menikmati kuliner nonhalal alias makanan berbahan dasar daging babi di kota Bandung ini sebenarnya sulit-sulit gampang. Agak sulit, karena mayoritas penduduk Bandung adalah muslim, tapi gampang juga, karena biasanya kuliner babi terletak di daerah Pecinan, yang berarti banyak terdapat di daerah itu.

Salah satunya adalah Kenken Bigul, sebuah resto yang terletak di Jalan Pasir Kaliki. Memang Pasir Kaliki termasuk area Pecinan Bandung, dan termasuk salah satu ruas jalan yang paling banyak tempat makannya. Nah, Kenken Bigul ini terletak di seberang PasKal Hyper Square, tepatnya di area gedung ruko dan hotel Grand Eastern. Plangnya kelihatan kok dari sisi jalan.

Waktu awal-awal buka dulu, heboh banget ni resto. Buka di pukul 11 siang, sebelum buka aja sudah kelihatan banyak orang mengantri untuk akan di sana. Untungnya sekarang sudah nggak begitu heboh antriannya, walaupun kalau di akhir pekan kadang masih ada antrian. Saya kan jadi penasaran, seenak apa sih resto ini.

Ketika memasuki area resto, tempatnya nyaman walaupun tidak begitu besar. Tapi ada dua lantai, jadi nggak usah takut desak-desakan. Plus ada AC yang menyejukkan. Interiornya sederhana tapi menarik, soalnya di tiap dinding ada poster-poster plesetan yang mempromosikan daging babi. Hihihi lucu juga, jadi selama menunggu pesanan datang kita bisa melihat-lihat poster-poster menarik di dinding.

Kenken BBQ Pork Ribs

Kenken BBQ Pork Ribs

Menu pertama yang saya cicipi adalah Barbecue Pork Ribs. Wah, teman-teman saya heboh banget nih katanya ribs ini enak dan porsinya gede. Oke, siapa takut! Ternyata ketika ribs ini datang, emang gede sih hehehe. Kayanya sih ga bakal bisa diabisin sendirian, satu porsi ribs ini bisa lah buat berdua atau bertiga.

Selain ribs itu, tentu saja saya wajib memesan menu andalan di sini, yaitu Babi Guling. Yah, nama Kenken Bigul kan singkatan dari Babi Guling. Menu ini sebenarnya adalah masakan khas Bali, yang isinya adalah nasi dengan daging babi dan rempah-rempah plus sayur dan sambalnya yang super enak itu. Saya pesan Nasi Babi Guling spesial, dengan tambahan sate babi manis. Hmmm, benar-benar puas banget makannya!

Nasi Babi Guling Spesial, lengkap pake sate!

Nasi Babi Guling Spesial, lengkap pake sate!

Satu lagi menu yang paling saya sukai di Kenken Bigul adalah Sate Samchan. Samchan adalah bagian dari daging babi yang menganduk banyak lemak. Nah, potongan-potongan samchan ini dibakar dengan bumbu yang rasanya sedikit pedas manis. Glek. Kebayang kan betapa kalapnya saya makan sate samchan ini. tapi kalau kamu rawan dengan kolesterol dan darah tinggi, sebaiknya makan sedikit aja ya hehehe soalnya namanya juga samchan kan berminyak banget. Tapi justru itu yang bikin enak, kan? 🙂

Sate Samchan alias aging dan lemak babi. Duh ingat kolesterol yaaa...

Sate Samchan alias aging dan lemak babi. Duh ingat kolesterol yaaa…

Sementara teman saya yang pecinta telur memesan Nasi Ham & Telur. Menu ini sekilas tampak sederhana ya, yaitu nasi putih dengan topping ham Ma-ling goreng dan telur ceplok plus tumisan sayuran di sisinya. Tapi rasanya nggak kalah dahsyatnya lho! Terbukti ketika kali ke sekian kami datang lagi ke resto ini, dia tetap memilih menu yang sama hehehe.

Nasi Ham dan Telur, sederhana tapi enaknya pol!

Nasi Ham dan Telur, sederhana tapi enaknya pol!

Masih banyak sih menu-menu yang menarik di Kenken Bigul ini. Ada Sop Bakut, Kekian, Lapchiong, dan segala macam olahan babi yang bisa kamu pesan sebagai side dish ataupun menu utama. Jadi sekarang saya nggak pusing-pusing lagi kalau harus mencari tempat kulineran babi yang enak. Ke Kenken Bigul aja!

Sate babi yang manis dan sate samchan yang gurih, duet maut yang wajib dicicip

Sate babi yang manis dan sate samchan yang gurih, duet maut yang wajib dicicip

Ditulis pada:July 10, 2016

Komentar: Belum ada Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *