Dapoer Pandanwangi Bandung

Hidangan ala Sunda di Dapoer Pandanwangi

Hidangan ala Sunda di Dapoer Pandanwangi

Info resto:
Dapoer Pandanwangi
http://dapoerpandanwangi.com/
Alamat: Jl. Patuha No. 38, Talagobodas, Kota Bandung, Jawa Barat 40263
Telepon: +62 22 7309718
Jam buka: Pukul 10.00-22.00
Kisaran harga: Rp 7,500 – 70,000 (makanan)


Jujur aja, walaupun saya tinggal di Bandung, tapi saya jarang banget makan makanan Sunda di rumah makan khas Sunda. Ya soalnya di Bandung ini banyak banget resto dan cafe, dan biasanya kalau makan di luar lebih banyak nongkrong di cafe-cafe ala Barat gitu.

Tapi gara-gara salah satu temen saya cerita tentang terong raos yang enak banget di rumah makan Dapur Pandanwangi, mau gak mau kan saya jadi penasaran yah. Emang kaya gimana sih terong raos? Saya sebenernya agak jarang makan terong sih, kecuali di sayur lodeh atau ditumis di masakan-masakan ala Barat. Hmmm jadi akhirnya saya niatin buat nyicip langsung ke Dapur Pandanwangi.

Rumah makan ini terletak di Jl. Patuha, daerah Buah Batu. Nggak jauh sih dari pusat kota. Begitu masuk, ternyata resto ini lumayan luas juga. Seperti layaknya rumah makan Sunda yang untuk keluarga, mejanya besar-besar untuk kapasitas sekitar 4-8 orang per meja. Padahal saya cuma dateng berdua, hehehe.

Gurame Bakar Kecap yang porsinya besar dan manis pedas

Gurame Bakar Kecap yang porsinya besar dan manis pedas

Tapi berhubung lagi laper juga, jadi kami berdua agak kalap memesan makanan-makanannya. Untuk menu utamanya, saya pesan Gurame Bakar Kecap. Wah, ikan gurame ini gede juga seporsinya ya. Dagingnya banyak dan bumbu kecapnya enak bangeeeett! Sebagai pecinta kecap, saya doyan banget nih gurame bakar dengan bumbu yang manis ini.

Untuk sayurnya, saya nggak lupa memesan Sayur Asem. Kayanya sih kalau makan di rumah makan Sunda wajib yah memesan sayur asem, hehehe. Satu porsinya ternyata lumayan banyak juga, jadi puas banget makannya. Segeerr!

Sayur Asem ala Sunda yang segaarrr

Sayur Asem ala Sunda yang segaarrr

Satu lagi jenis sayur yang saya pesan (karena penasaran), adalah Tumis Keciwis. Apa sih keciwis (atau cuciwis?) itu? Saya jarang banget nemu sayuran ini di tempat lain selain Bandung. Ternyata daun-daunan ini enak banget kalau ditumis pake bawang putih, dan bisa minta pedasnya sesuai selera. Wah tumis keciwis ini jadi salah satu favorit saya!

Tumis Keciwis, sayuran segar yang jarang saya temukan selain di Jawa Barat

Tumis Keciwis, sayuran segar yang jarang saya temukan selain di Jawa Barat

Sebagai menu pamungkas, saya memesan juga Terong Raos yang diidolakan oleh teman saya. Ternyata Terong Raos ini adalah potongan terong yang digoreng tepung dengan bumbu rempah dan rasanya manis pedas. Hmmm, pantas saja teman saya doyan banget. Terongnya lembut dan luarnya renyah, dan bumbunya kerasa banget. Nggak heran sih kalau Terong raos ini jadi idola banyak orang. Bahkan ada yang sengaja memesan Terong Raos ini untuk jadi oleh-oleh ke luar kota.

Terong Raos, andalan Dapur Pandanwangi yang gurih dan berempah

Terong Raos, andalan Dapur Pandanwangi yang gurih dan berempah

Pengalaman saya makan di Dapur Pandanwangi ini ternyata benar-benar memuaskan. Menu makanan Sunda yang saya santap kali ini enak-enak semua, dan perkenalan saya dengan Terong Raos yang ngetop ini lumayan asik juga. Kapan-kapan kesana lagi ah, ngabisin sayur asemnya hihihi.

Ditulis pada:August 15, 2016

Komentar: Belum ada Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *