Brongkos Handayani di Jogja

Info warung:
Warung Brongkos Handayani
Alamat: Jl. Gading No.2 (Alun-alun Kidul / Alkid) Yogyakarta

Kisaran harga: Rp 10,000-20,000

***

Tampak depan warung Brongkos Handayani

Tampak depan warung Brongkos Handayani

Buat kamu yang orang Jawa, terutama yang besar di daerah Yogyakarta, makanan yang bernama Brongkos tentunya sudah tidak asing lagi ya di telingamu. Tetapi buat orang-orang yang tinggal di luar area Jawa Tengah & Yogyakarta – seperti orang Jakarta, Jawa Barat, atau luar Jawa, kata Brongkos itu masih terdengar asing.

Daftar menu di warung Brongkos Handayani

Daftar menu di warung Brongkos Handayani

Apa sih brongkos itu? Brongkos adalah makanan khas Jawa (Jawa Tengah dan Yogyakarta), yang bahan-bahannya bisa berupa daging sapi, ayam, tahu, atau telur, lalu diolah dengan bumbu-bumbu seperti kacang merah, santan, jahe, lengkuas, dan daun salam. Bumbu-bumbu ini diracik sehingga menghasilkan lauk yang sedap untuk dinikmati bersama sepiring nasi panas. Hmmm, kamu penasaran kan seperti apa sih brongkos ini?

Ketika saya jalan-jalan ke Yogyakarta, saya disarankan untuk mencicipi Brongkos ini di Warung Brongkos Handayani. Menurut teman saya, ini salah satu tempat yang menyajikan brongkos terenak di Yogya. Wah, jadi tambah lapar nih. Tempatnya sih sederhana, hanya berupa warung kecil tapi bersih. Di daftar menunya ada pilihan nasi brongkos ayam, telur, daging sapi atau empal. Ada juga nasi rames, atau nasi pecel. Ah, kalau yang dua terakhir itu kan sudah biasa ya. Tapi nasi brongkos ini yang saya belum tau seperti apa.

Akhirnya saya memilih nasi brongkos empal daging sapi. Ternyata nasinya disiram dengan lauk brongkos yang terdiri dari tahu, kacang, dan cabe, sedangkan empal daging sapinya disajikan terpisah.

Rasa rempah-rempah dari brongkos ini pas banget di lidah saya. Rasanya manis dan gurih, karena selain pakai kacang, juga ada kluwek dan sedikit santan sehingga rasanya tidak begitu ‘berat’. Daging sapinya juga empuk dan bikin saya nggak bisa berhenti mengunyah hehehee.

Inilah sepiring Nasi Brongkos dengan empal daging sapi di piring terpisah

Inilah sepiring Nasi Brongkos dengan empal daging sapi di piring terpisah

Kalau kamu jalan-jalan ke Yogyakarta, wajib nih mencicipi Brongkos Handayani. Cukup jalan sedikit setelah Alun-alun Kidul (Alkid), kamu akan menemukan warung yang selalu ramai pelanggan ini. Duh, sayangnya susah banget menemukan Brongkos di kota lain seperti Jakarta atau Bandung ya. Main ke Jogja yuk!

Ditulis pada:September 20, 2016

Komentar: Belum ada Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *