Ngadem di Kebon Awi Kaffee, Bandung

Salah satu kawasan yang paling populer di kota Bandung adalah kawasan Dago atas. Kenapa dibilang atas? Karena area Dago itu luas sekali, sodara-sodara. Dan karena struktur tanah kawasan Bandung utara itu memang miring seperti bukit, makanya ada area Dago atas yang lebih tinggi dan Dago bawah yang lebih rendah / ke arah tengah kota. Nah, di Dago atas ini tentunya memiliki suhu yang lebih dingin, dan sejak jaman dahulu memang banyak disukai orang-orang untuk dijadikan tempat peristirahatan / villa.

Saat ini, di Dago atas nggak cuma ada villa-villa, tetapi juga populer sebagai tempat kulineran. Selain karena udaranya yang sejuk, juga pemandangannya lebih bagus karena dari arah perbukitan bisa memandang ke Bandung yang lebih rendah alias tengah kota. Makanya banyak banget resto dan cafe yang bermunculan di daerah Dago atas ini.

Salah satu resto/cafe yang menurut saya oke banget di Dago atas ini ada yang namanya Kebon Awi Kaffee. Awi itu bahasa Sunda yang artinya bambu. Memang area resto ini banyak menggunakan bambu sebagai ornamennya. Mulai dari saung-saungnya, juga ada beberapa rumpun bambu yang membuat Kebon Awi Kaffee ini tampak asri seperti di perkampungan Sunda jaman dulu. Suasananya tenang dan nyaman, makanya saya betah nongkrong lama-lama di sini hehehe. Bahkan kalau kamu lihat di akun Instagramnya, kamu bisa lihat kalau Kebon Awi Kaffee ini juga cocok banget buat foto prewedding atau acara nikahan. Karena emang tempatnya instagramable banget sih.

Suasana di dalam Kebon Awi Kaffee

Soal makanan, Kebon Awi Kaffee ini menonjolkan beberapa menu ala Sunda sebagai andalannya. Tapi nggak seperti rumah makan Sunda pada umumnya, di Kebon Awi Kaffee ini semua menu dimasak langsung dari awal sesuai pesanan. Makanya membutuhkan waktu saji yang lebih lama daripada masakan Sunda yang sudah siap masak. Tapi nggak lama-lama banget kok, standar kaya di resto lah.

Salah satu andalan di Kebon Awi Kaffee ini ada yang namanya Nasi Cikur Panglipur. Cikur itu artinya kencur dalam bahasa Sunda. Nah, jadi nasi ini dimasak dengan bumbu kencur, bawang, rawit hijau dan dauh pohpohan sehingga rasanya gurih dan agak pedas. Enak banget disajikan bersama ayam goreng, tahu tempe, dan pilihan sambal oncom atau sambal tomat.

Nasi Cikur Panglipur

Selain itu juga ada Oseng Buntut sapi. Buntutnya nggak alot kok, empuk dan gurih karena dimasak dulu selama 3-4 jam sampai empuk, dan dioseng bareng bumbu-bumbu seperti bawang bombay dan cabe rawit. Pedes gurih, pas banget disantap dengan nasi hangat, emping melinjo dan acar kuning.

Nasi Oseng Buntut Sapi

Nggak cuma masakan Sunda yang disajikan di Kebon Awi Kaffee ini. Kalau lidah kamu termasuk lidah bule alias suka makanan western, salah satu menu yang patut dicicipin adalah Capellini. Ini adalah pasta angel hair yang dimasak dengan saus krim jamur, dilengkapi dengan ayam panggang yang empuk. Wah, kalau saya sih doyan banget nih!

Pasta Capellini

Waktu saya intip di buku menunya, nama-nama minumannya lucu-lucu hehehe. Salah satunya ada Sirsak Kembang Surawung, yaitu jus sirsak dan jeruk yang ditaburi biji kemangi (selasih). Saya baru tau kalau kembang surawung itu artinya bunga kemangi, hehehe.

Juice Strawberry dan Sirsak Kembang Surawung

Nah waktu pertama masuk ke area Kebon Awi Kaffee ini, di sebelah kiri pintu masuk ada area kafe yang minimalis tapi cantik banget. Namanya B’Cof. Jadi di bagian depan inilah tempat para barista handal meracik biji-biji kopi dari perkebunan di Jawa Barat menjadi minuman kopi yang enak.

Mbak Eka, barista di B’Cof Kebon Awi Kaffee ini sedang meracik kopi

Kebetulan memang kafe B’Cof di Kebon Awi Kaffee ini bekerjasama dengan petani kopi lokal di Jawa Barat, sehingga biji-biji kopi yang tersedia di sini asli dari tanah Sunda. Ada kopi Arjasari, Honey Arjasari, dan lain-lain. Saya cicipin single origin dari biji kopi Honey Arjasari yang enak banget menemani sore hari yang sejuk.

Saya cicipin kopi dari biji Honey Arjasari yang wangi

Coffee Affogato, alias es krim vanilla dibanjur espresso panas

Kalau nggak begitu doyan kopi, kamu juga bisa cicipin premium chocolate yang lezat.

Premium chocolate yang lezat

Untuk bersantap akrab bareng keluarga, atau sekedar bersantai menikmati kopi panas dan suasana sejuk Bandung bersama pasangan, rasanya Kebon Awi Kaffee ini pantas kalau jadi salah satu tempat rekomen.

App Your Weekdays ini bisa ngasih info diskonan di Kebon Awi Kaffee

Kalau kamu pengen lebih hemat lagi, kamu bisa cek promo apa aja dari Kebon Awi Kaffee ini di aplikasi YourWeekdays. Ini adalah app untuk ngecek ada diskonan apa aja selama hari kerja (weekdays). Caranya gampang kok, tinggal unduh aja app nya dari Playstore atau Appstore. Abis itu kamu tinggal daftar, dan pilih deh diskonan apa aja yang kamu mau. Kamu tinggal tunjjukkan voucher yang kamu punya di kasir untuk meredeem. Asik kan! Selamat ngadem ya 🙂

Ditulis pada:August 5, 2017

Komentar: Belum ada Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *